fbpx

Agriculture Visa masih di jalan panjang dan berliku

February 21, 2022
Agriculture Visa masih di jalan panjang dan berliku
Sebelum Pandemi, Petani Australia berharap 10000 Backpacker dari Inggris dapat bekerja di Australia setiap tahun, akan tetapi setelah Negosiasi Dagang antara Inggris dan Australia, kesepakatan perpanjangan WHV dihapuskan dan munculah AG Visa sebagai penggantinya yang disponsori Menteri Pertanian, David Littleproud.
Janji awal adalah Natal 2021 kemudian mundur hingga Februari 2022 akan dilaksanakan AG Visa, tetapi hingga seminggu sblm Maret 2022 belum ada Negara ASEAN yang bersedia berpartisipasi Dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Senator Oposisi Kristian Keneally pada Rabu, 15 Februari 2022, Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Australia menyampaikan bahwa Indonesia akan segera menandatangani MOU untuk berpartisipasiTetapi Pejabat Kemlu Australia, Ewen McDonald, menyatakan secara jelas bahwa rekrutment pekerja perkebunan lebih diutamakan dalam skema Pacific Australia Labour Mobility (PALM).
Jadi jumlah AG visa akan sangat dibawah dari PALM yang lebih dari 20.000 orang yang saat ini bekerja di Australia. Ewen McDonald belum menentukan jumlah AG Visa, tetapi akan sangat jauh, dan mungkin hanya 1000 Visa saja untuk awalnya untuk setiap negara ASEAN atau Hanya 25% saja dari SubClass Visa yang saat ini ada untuk Indonesia.
PERSYARATAN
Awal bulan ini Pemerintah Austalia merilis Fact Sheet tentang ketentuan AG Visa (baca https://www.dfat.gov.au/…/australian-agriculture-visa… ) Kemenlu Australia sedang mendiskusikan dengan beberapa kelompok Pengguna untuk tahap awal membawa masuk sekelompok kecil pekerja dengan Visa AG untuk memeriksa system dan prosesnya sebelum programnya dikembangkan selama tahun 2022 dan hanya untuk selama 3 (tiga) tahun saja. Pengguna Australia yang memenuhi syarat akan ditentukan di bulan April.
TUNGGU DIBULAN APRIL
Setelah bulan April menentukan Pengguna Australia, maka mereka akan mangatur Visa pekerja, perjalanan pekerja dan Akomodasi yang disetujui oleh Kemlu Australia. Kandidat harus mampu memiliki Fuctiobal English  atau IELTS 4.5 dan berumur minimal 21 tahun hingga tidak terbatas (selama masih sehat dan lolos pemeriksaan Panel Doctor Australia) Jadi, kalau mau berpartisipasi dalam AG Visa, pastikan Pengguna Australia masuk dalam kategori PALM dan siap IELTS 4.5.

Share This Article

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram

Related Article