fbpx

Berapa Biaya Hidup di Eropa Timur?

September 25, 2021
Berapa Biaya Hidup di Eropa Timur

Setelah membahas UMR di 4 Negara Eropa Timur, selanjutnya kita bahas Biaya Hidup.

Biaya Hidup itu dipengaruhi oleh SANDANG, PAPAN, PANGAN dan GAYA HIDUP. Karena Mayoritas Pekerja Indonesia sudah membawa Pakaian sendiri dari Indonesia, dan Pihak Perusahaan/Pengguna menyediakan Akomodasi, maka BIAYA HIDUP yang dibahas adalah terkait PANGAN.

Semua Kandidat yang pernah kami tanyakan di ke-empat negara tersebut, semua mengatakan bahwa Biaya Makan sebulan rata-rata adalah USD 100, tapi pernyataan tersebut tidak bisa dipakai sebagai acuan, karena Gaya Hidup Orang berbeda dan Bagaimana anda bisa mangatur keuangan anda serta beradaptasi dengan lingkungan. Jika anda makan atau memasak masakan Indonesia, biayanya akan lebih mahal daripada makanan lokal, karena bahan bumbu yang khusus diimpor, akan lebih murah bila makan atau memasak makanan lokal.

Kami menggunakan data Biaya Hidup dari Situs www.numbeo.com, yang merupakan situs khusus menganalisa Biaya Hidup di suatu negara sampai ditingkat kota

Sekali lagi, angka-angka yang ada ditabel BUKAN lah angka real di pasaran, tetapi angka statistik perkiraan biaya bahan pangan dan hanya dipergunakan sebagai bahan perbandingan saja.

Mahal dan Murah bahan pangan tidak sekedar dipengaruhi oleh karena di Eropa dan di Indonesia, melainkan tingkat konsumsi juga mempengaruhi. Semakin tinggi tingkat konsumsi semakin merupakan bahan pangan pokok dan harganya pasti murah

BERAS
Rata-rata Harga beras diatas € 1/kg, hanya Polandia yang lebih mahal sedikit dari Indonesia. Sekali lagi, hal ini dipengaruhi tingkat konsumsi, sehingga beras Indonesia jauh lebih Murah karena makanan pokok. Beberapa Pekerja Polandia yang kami tanyakan mengaku Beras di Polandia justru lebih murah daripada di Indonesia.

SUSU
Harga Susu bisa dikatakan murah, daripada di Indonesia. Ini karena Susu adalah bahan pokok, Mayoritas orang eropa minum susu, sedangkan konsumsi susu orang Indonesia sangat kecil, bahkan terkecil se Asia Tenggara, sehingga Susu di Indonesia jauh lebih Mahal.

DAGING (Sapi & Ayam)
Rata-rata daging Indonesia masih dibilang murah, walaupun beberapa Pekerja Migran Indonesia yang kami tanyakan, daging di Eropa lebih murah dari Indonesia.

BUAH
Walaupun Indonesia dinegara tropis, ternyata Buah di Indonesia 2x lebih mahal daripada di Eropa

KENTANG dan SAYUR
Harga kentang dan Sayur jauh lebih murah di Eropa daripada di Indonesia dilihat dari tabel, karena kentang adalah makanan pokok orang Eropa.

Dari ulasan singkat diatas, maka bila kita bisa menyesuaikan dengan memasak makanan di Negara Tujuan daripada harus memasak Makanan Indonesia seperti Soto maka biaya hidup bisa dikatakan murah karena harga pangan pokoknya murah.

Dengan begitu banyak variable yang menentukan biaya hidup dalam hal ini Makanan, pada akhirnya cara mudah melihat tingginya biaya hidup adalah dari Harga MC DONALD, karena Mc Donald sudah menyebar di 118 negara dengan 34000 restoran dan Harga Mc Donald menyesuaikan dengan biaya hidup yang ada, secara Nasional
Maka, bisa ditarik kesimpulan, Biaya Hidup Paling Tinggi berturut-turut adalah SLOVAKIA, POLANDIA, HUNGARIA dan terakhir adalah RUMANIA.

Akhir Kata jangan tanya berapa Harga Sepiring Pecel di Polandia, karena Harganya jauh lebih mahal karena makanan tidak umum di Polandia walaupun hanya berisi Sayur-sayuran dan Peanut Sauce (Saus Kacang), selain itu tergantung lauknya pakai apa!!

Share This Article

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram

Related Article